Tips Memilih Sepatu untuk Hiking

Sepatu merupakan alas kaki yang telah digunakan manusia sejak zaman dahulu kala. Telah banyak terjadi perubahan sejak sepatu pertama kali ditemukan dan disesuaikan dengan jenis dan fungsinya. Dalam dunia panjat tebing, sepatu merupakan perlengkapan yang harus diperhatikan. Karena bukan hanya fisik yang harus disiapkan tetapi perlengkapan juga harus diperhatikan.

Sepatu gunung juga banyak mengalami perubahan sesuai dengan bahan yang digunakan dan jenis jalur pendakian gunung yang akan dilalui. Apakah medan dan jalur pendakiannya berbatu, tanah biasa atau bisa juga banyak pasir. Kali ini, saya akan membahas tips memilih sepatu untuk mendaki gunung. Lihat saja, jangan salah saat memilih sepatu untuk mendaki.

Sesuaikan Jenis Sepatu

Pikirkan terlebih dahulu seperti apa medan di gunung yang akan Anda hadapi. Karena menyesuaikan jenis sepatu gunung dengan jalur pendakian akan sangat membantu Anda. Pikirkan juga kemungkinan terburuk yang akan Anda hadapi, sehingga Anda bisa menentukan sepatu gunung seperti apa yang Anda butuhkan.

Pertimbangkan Ukuran Sepatu

Pilih ukuran yang sangat sesuai dengan bentuk kaki Anda. Sepatu gunung yang terlalu kecil akan sangat menyakitkan dipakai dan bisa melukai kaki Anda. Kemudian jika memilih dan menggunakan sepatu yang terlalu longgar akan sangat tidak nyaman saat digunakan dan dapat mengganggu pergerakan kaki saat melintasi jalur pendakian.

Terkadang memakai sepatu yang terlalu fit juga bisa menyebabkan cedera, yang sering terjadi adalah ujung jari kaki bisa terluka setelah lari menuruni gunung. Maka tips untuk meminimalisir kejadian tersebut adalah anda bisa memilih sepatu dengan ukuran yang satu angka lebih dari ukuran kaki anda.

Periksa bagian leher sepatu

Jika Anda sudah mengincar sepatu yang pas dengan kaki dan model yang Anda inginkan, maka hal penting lainnya adalah Anda harus memeriksa bagian leher sepatu tersebut. Anda harus memastikan bagian leher sepatu yang Anda cari memiliki lapisan yang lembut agar bagian atas tumit Anda bisa terlindungi.

Pasalnya, bagian leher sepatu akan sering bergesekan dengan bagian atas tumit. Jika lapisan sepatu keras, maka bersiaplah untuk memotongnya di bagian atas tumit. Memang rasa sakit itu tidak langsung terasa. 

Luka itu muncul perlahan setelah berjalan lama. Memang luka di atas tumit bisa diantisipasi dengan membalutnya agar luka bisa tertutup dan gesekan bisa berkurang. Nah, lapisan lembut pada leher sepatu pasti akan membuat bagian atas tumit bebas dari cedera gesekan.

Periksa sol sepatu

Sol sepatu gunung tentunya berbeda dengan sepatu sehari-hari yang Anda pakai atau sepatu lari. Hal itu karena sol sepatu gunung telah didesain untuk melewati medan pendakian gunung yang kerap licin dan berbatu. Karena itu, pilih sepatu gunung dengan sol tersembunyi yang tajam dan sol belakang yang tinggi di Salomon Official Store. Sol sepatu seperti itu akan membantu kaki Anda menapak dengan mantap di atas medan pegunungan yang berbatu.

Selain itu, pilih sepatu yang memiliki sol tumit yang besar dan kuat dan terbuat dari karet atau bahan sintetis serupa. Sol tumit berguna untuk menahan laju tubuh Anda saat turun gunung dan juga agar Anda tidak mudah terpeleset.

Jangan terpaku pada harga

Tidak semua sepatu gunung harganya mahal dan memiliki kualitas yang lebih baik dari pada sepatu lain yang harganya murah. Anda harus cermat dan teliti dalam memilih sepatu gunung. Jika sudah sesuai dengan kriteria dan sudah dicek semua part sepatu gunung yang anda pilih maka anda nyaman, harga murah juga tidak jadi masalah.

Itulah beberapa tips dalam memilih sepatu untuk mendaki gunung, tips di atas bisa Anda terapkan saat ingin membeli sepatu gunung. Semoga anda tidak salah lagi dalam memilih sepatu yang akan anda gunakan nantinya.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini