Cara Cermat Mengelola Gaji Bulanan

Di era modern ini, kesulitan dalam mengelola gaji bulanan tidak hanya dialami oleh beberapa orang saja. Banyak orang yang bingung cara mengelola keuangan setiap bulan dengan benar. Parahnya terdapat segelintir orang yang kehabisan uang di pertengahan bulan. Simak ulasan berikut ini mengenai tips mengatur gaji bulanan agar cukup sampai akhir bulan.


Cara Mengatur Gaji Bulanan

1. Membuat anggaran Bulanan

Agar pengeluaran Anda terkontrol, buatlah rencana anggaran dalam satu bulan berdasarkan kebutuhan Anda di aplikasi keuangan yang dapat didownload di smartphone Anda. Pada dasarnya, kebutuhan manusia dibedakan menjadi tiga yaitu primer, sekunder dan tersier. Dalam rencana anggaran ini, buatlah daftar kebutuhan primer meliputi biaya makan, biaya listrik dan air, cicilan, dan ongkos bekerja.

Yang kedua adalah kebutuhan sekunder meliputi biaya untuk pakaian, untuk membeli barang yang Anda inginkan, untuk membeli perabotan rumah. Dan untuk kebutuhan tersier seperti perhiasan, liburan, dan lain-lain. Untuk kebutuhan tersier sendiri, bisa ada bisa tidak bergantung pada keinginan Anda. Karena kebutuhan tersebut bersifat optional hanya untuk memenuhi keinginan.

2. Segerakan membayar tagihan

Setelah Anda menerima gaji, prioritaskan untuk membayar segala tagihan di awal terlebih dahulu. Bertujuan agar tidak terlalu menumpuk dan malah menambah beban Anda. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu kebutuhan Anda yang lain.

3. Menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan

Apabila selama ini Anda tidak terbiasa menyisihkan gaji untuk menabung, biasakanlah mulai dari sekarang. Selain bermanfaat untuk menekan pengeluaran Anda yang tidak terlalu penting. Menabung juga dapat Anda jadikan sebagai  investasi di masa yang akan datang. Atau bias juga Anda gunakan untuk keperluan yang benar-benar mendesak.

4. Membuat laporan keuangan harian

Jika Anda selesai berbelanja, jangan langsung membuang struknya. Simpanlah setiap struk pembelanjaan Anda. Kemudian catat seluruh pengeluaran tiap harinya, agar Anda mengetahui digunakan untuk apa saja uang yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga bias menganalisa barang-barang yang tidak perlu dibeli dibulan berikutnya.

5. Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Jika Anda memiliki kartu kredit, gunakanlah alat tersebut dengan cerdas dan bijak. Kartu kredit dapat Anda jadikan sarana dalam menghemat pengeluaran bulanan. Tak jarang terdapat penawaran promo dengan menggunakan kartu kredit. Hal ini dapat Anda manfaatkan untuk menghemat uang.

6. Investasi

Apabila kebutuhan Anda telah terpenuhi dan telah menyisihkan uang untuk ditabung namun masih memiliki sisa gaji. Investasi Sisa gaji tersebut dapat Anda manfaatkan untuk berinvestasi atau mengikuti asuransi. Dalam investasi, uang Anda akan disimpan dalam bentuk lain dan akan dapat diambil pada saat tertentu sesuai kesepakatan. 

Salah satu cara mengatur keuangan yang efektif adalah membiasakan diri untuk mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan. Selain itu, Anda juga perlu mematuhi peraturan keuangan yang Anda buat sendiri. Anda harus menghargai usaha dan kerja keras yang telah Anda lakukan dengan bijak dalam menggunakan uang yang Anda peroleh. 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini